1. Membedakan
proposal ilmiah dengan proposan resmi tidak ilmiah. (Dari kandungan isinya dan
proses
pembuatannya)
a.
Proposal Ilmiah
Bentuk proposal penelitian ini,
biasanya memiliki suatu bentuk , dengan berbagai standar tertentu
seperti
penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dll. Dengan demikian, proposal paling tidak
memuat
hal–hal berikut, yaitu:
·
Lingkup masalah dan perumusan masalah,
·
Aspek relevansi teori dengan permasalahan yang
diketengahkan dalam penelitian,
·
Metodologi penelitian,
·
Instrumen penelitian,
·
Teknik analisa data, dan
·
Rencana kegiatan penelitian.
b. Proposal
Resmi Tidak Ilmiah
Namun karena sifatnya yang lebih umum maka
proposal jenis ini biasanya lebih lentur dalam penggunaan bahasa dan tidak
terlalu kaku dalam aturan penulisan.
2. Membuat proposal
PROPOSAL
USAHA
“MARTABAK
MANIS”
DISUSUN OLEH
:
DIAN
RAHMAWATI 12213380
FANNESA
WILLIAM 13213209
RIDHA AULIA
RACHMI 17213617
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
EKONOMI
2016
KATA
PENGANTAR
Segala puji
dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya
sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW sehingga
karenanya saya dapat menyelesaikan tugas proposal usaha ini dengan baik dan
tepat waktu.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan dosen pada mata kuliah Bahasa Indonesia 2.
Dalam
proses penyusunan tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan
materiil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini
dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan
terimakasih dan penghargan setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah
membantu terselesaikannya tugas ini.
Meskipun
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak saya harapkan demi perbaikan
pada tugas selanjutnya. Harapan saya semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi
saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Jakarta,
27 April 2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dengan
perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati – hati dalam
memilih dan membeli makanan, karena pada masa ini banyak makanan yang mengandung
bahan kimia berbahaya. Mayoritas masyarakat menginginkan makanan yang rasanya
enak dan murah, tanpa memperdulikan kandungan yang terdapat dalam makanan
tersebut. Untuk itulah saya menyediakan makanan yang rasanya enak dengan cukup
murah, sederhana, higienis dan aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung
bahan kimia yang berbahaya. Hal ini tentu juga akan menarik minat masyarakat
untuk membelinya.
Salah satu
makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi cocok menjadi makanan konsumsi
untuk waktu santai, sekaligus cukup istimewa adalah MARTABAK MANIS. Keberadaan
Martabak Manis sebagai salah satu makanan trdisional khas Indonesia memiliki
rasa yang enak, nikmat, mengandung protein dan juga lezat telah dikenal dari
masa ke masa, sehingga usaha ini memang layak dikembangan sebagai usaha
alternatif.
Dengan
melihat potensi atau kelebihan diatas, maka saya ingin membuat usaha agar
masyarakat tidak pernah lupa dengan makanan tradisional khas Indonesia.
1.2 MANFAAT USAHA
1. Manfaat Ekonomi
Usaha
Martabak Manis ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup
besar. Saya menawarkan jasa delivery
order juga memberikan kemudahan bagi
pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak
murahan dengan kata lain kualitas produk terjamin kesehatannya. Dengan usaha
ini diharapkan dapat mmberikan keuntungan.
2. Manfaat
Sosial
a. Bagi Pemilik
Dengan
melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat membuka cabang dan berkembang
ke berbagai daerah. Usaha Martabak Manis ini cukup menjanjikan bagi kita,
karena masih banyak daerah – daerah di Indonesia yang belum menikmati enaknya
Martabak Manis ini, sehingga saya dapat memasarkannya ke daerah tersebut.
Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan
sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam
menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar
b. Bagi Masyarakat
Dengan
adanya Martabak Manis ini, dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi
kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka
lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha
ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam
kelancaran usaha.
1.3 RUMUSAN MASALAH
a) Bagaimana
tips untuk membuka usaha martabak manis yang baik dan benar serta tidak merugi
?
b) Bagaimana
cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini ?
c) Bagaimana
caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis martabak manis ?
1.4 PROFIL ORGANISASI
Nama Usaha : Martabak Manis xyz
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat : Jl. Kyai H. Noer Ali, Bekasi.
Pemilik : DFR
1.5 VISI, MISI, DAN TUJUAN
a.
Visi
Menjadikan
Martabak Manis sebagai makanan tradisonal khas Indonesia yang mampu menembus
pasaran dunia
b.
Misi
·
Memberikan kualitas yang terbaik.
·
Memberikan pelayanan yang terbaik
·
Membuat martabak manis yang memiliki aneka rasa
·
Memasarkan martabak manis di pasar tradisional maupun
pasar modern
·
Mendirikan usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia
c.
Tujuan Usaha
·
Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·
Menambah pengalaman kewirausahaan dalam melakukan
kegiatan usaha.
·
Menambah pengalaman ilmu pengetahuan kewirausahaan
dalam melakukan kegiatan usaha
·
Mewujudkan kemampuan dalam berwirausahaan untuk
meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·
Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan
di kalangan masyarakat yang mampu di andalkan
1.6 PRODUK
Produk yang saya tawarkan dalam usaha ini kepada
konsumen memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
a) Coklat
b) Kacang
c) Keju
d) Strawberry
e) Nanas
f) Blueberry
g) Srikaya
BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA
2.1 ANALISIS SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha,
maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan
terhadap lingkungan dan pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1. Strenght (Kekuatan)
·
Menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat
·
1 produk
terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
·
Bahan produk yang terjamin dan higienis
2. Weakness (Kelemahan)
·
Tidak tahan
lama
·
Produknya
mudah ditiru
3. Opportunity (Peluang)
·
Tempat
Strategis
·
Fasilitas
yang cukup memadai
4. Threath (Ancaman)
·
Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
2.2 RENCANA USAHA
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis
martabak manis yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja
didalam usaha bisnis bagi kalangan umum, selain dapat meningkatkan kreativitas,
juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.
2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang saya rintis ini pastinya
akan saya kembangkan demi mewujudkan impian saya bersama, yaitu ingin menjadi
seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci
awal untuk keberlanjutan usaha saya kedepannya.
3. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan
pelanggan, saya akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha saya ini.
2.3 ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
1.
Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat
yang strategis yaitu Alun-alun sebagai tempat keramaian lainnya. Lokasi
tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat sehingga usaha saya ini mudah
untuk dikenal oleh masyarakat.
2.
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha
ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik
konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak
senang dengan tindakan kita.
3.
Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran
pembeli saya yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah,
kalangan menengah dan kalangan atas. Harga yang saya berikan yaitu mulai dari
Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.
2.4 STRATEGI PEMASARAN
1.
Dari mulut
ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang
paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi
ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk
mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua masyarakat akan
mengetahui usaha kita.
2.
Brosur
Promosi ini menggunakan selebaran
brosur yang dibagikan dan ditempel pada pohon – pohon dijalan
2.5 LANGKAH-LANGKAH PROMOSI
·
Pada malam minggu saya akan memberikan potongan harga
kepada konsumen yang membeli roti dengan harga diatas Rp10.000, maka akan saya
berikan diskon sebesar 10%.
·
Apabila konsumen membeli martabak manis diatas 4
bungkus, maka saya akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga
yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
·
Setiap pembelian 1 martabak manis di berikan 1 kupon,
jika konsumen sudah mendapat 10 kupon dapat ditukarkan dengan 1 porsi martabak
manis gratis.
BAB III
PRODUK DAN PROSES PEMBUATAN
3.1
PROSES
PEMBUATAN
Untuk membuat martabak manis,
bahan-bahan yang diperlukan dan proses produksinya seperti berikut :
Bahan:
* 2 butir telur
* 450 ml air
* 350 gr tepung terigu serbaguna
* 75 gr gula pasir
* 25 gr susu bubuk full cream
* 5 gr garam
* 5 gr baking soda
* 1 gr vanili bubuk
* 50 ml minyak sayur
* Filling: susu kental manis,
keju, mesyes, kacang tanah, wijen *sesuai selera*
Cara membuat:
1. Kocok lepas telur, masukkan air hingga air berbuih.
2. Campur rata semua bahan kering,masukkan ke dalam air.
Kocok hingga semua bahan larut.
3. Masukkan vanili dan minyak sayur aduk rata. Diamkan
adonan selama 30 menit.
4. Tuang ke dalam cetakan martabak manis yg sudah
dipanaskan, tutup sampai
permukaan berpori-pori. Tabur dengan sedikit gula pasir pada permukaan. Tutup kembali hingga
matang.
permukaan berpori-pori. Tabur dengan sedikit gula pasir pada permukaan. Tutup kembali hingga
matang.
5. Angkat dan oles dengan butter, tabur dengan bahan
filling
6. Lipat oles atasnya dengan butter, potong2.
6. Lipat oles atasnya dengan butter, potong2.
3.2 PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL
a. Jangka Panjang
No.
|
Barang
|
Banyaknya
|
Harga
|
1.
|
Gerobak
|
1
|
Rp 3.500.000,-
|
2.
|
Kompor
|
1
|
Rp 250.000,-
|
3.
|
Tabung gas
|
3 kg
|
Rp 170.000,-
|
4.
|
Teflon Martabak
|
2
|
Rp 200.000,-
|
5.
|
Alat pemotong
|
2
|
Rp 80.000,-
|
6.
|
Top Les
|
7
|
Rp 100.000,-
|
7.
|
Lap Tangan
|
3
|
Rp 30.000,-
|
8.
|
Kotak sampah + Ember
|
2
|
Rp 30.000,-
|
9.
|
Bola Lampu
|
3
|
Rp 100.000,-
|
10.
|
Kabel
|
1 meter
|
Rp 50.000,-
|
11.
|
Saklar Lampu
|
1
|
Rp 40.000,-
|
12.
|
Banner
|
2 meter
|
Rp 100.000,-
|
13.
|
Brosur
|
200 lembar @Rp1000
|
Rp 200.000,-
|
b. Jangka Pendek
No
|
Barang
|
Banyaknya
|
Harga
|
1.
|
Terigu
|
2 kg
|
Rp 14.000,-
|
2.
|
Telur
|
2 kg
|
Rp 14.000,-
|
3.
|
Gula Pasir
|
1 kg
|
Rp 10.000,-
|
4.
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp 2000,-
|
5.
|
Soda Kue
|
1 bungkus
|
Rp 3000,-
|
6.
|
Blue Band
|
1 bungkus
|
Rp 5000,-
|
7.
|
Pewarna Kuning
|
1 bungkus
|
Rp 3000,-
|
8.
|
Fermipan
|
1 bungkus
|
Rp 3000,-
|
9.
|
Kacang Tanah
|
½ kg
|
Rp 5000,-
|
10.
|
Keju
|
1 bungkus
|
Rp 16.000,-
|
11.
|
Meises
|
1 kg
|
Rp 5000,-
|
12.
|
Susu Kental Manis
|
1 kaleng
|
Rp 7000,-
|
13.
|
Wijen
|
1 kg
|
Rp 5.000,-
|
14.
|
Varian Rasa (7)
|
1 kg @Rp 10. 000,-
|
Rp 70.000,-
|
15.
|
Kardus
|
40 @Rp 2000,-
|
Rp 80.000,-
|
16.
|
Plastic
|
2 pack @Rp 25.000,-
|
Rp 50.000,-
|
Harga Jual = Rp 10.000,- x 40 porsi = 400.000
Harga Beli bahan baku
Rp 3000,-
Beli bahan tambahan
Rp 1000,-
--------------+
Rp
4000,-
Rp
4000 X 40 porsi = Rp 160.0000
3.3 ANALISIS LABA RUGI
Pendapatan Penjualan Rp
400.000,-
Harga Pokok Penjualan Rp 160.000,-
----------------
-
Laba Kotor Rp 260.000,-
Biaya
Penjualan :
Biaya transportasi
RP 30.000,-
Biaya sewa tempat
Rp 25.000,-
Biaya listrik dan air Rp 10.000,-
Biaya lainnya
Rp 10.000,-
--------------- +
Rp
95.000,-
Laba Bersih = (Rp 260.000,-) – (Rp
160.000) = Rp 100.000,-
Perhitungan margin keuntungan = Rp
100.000
---------------- x 100% = 25%
Rp
400.000
3.4 ANALISIS KEUNTUNGAN :
Pendapatan per bulan :
Omzet Rp. 400.000 x 30
hari = Rp. 12.000.000,-
Laba kotor per bulan
260.000 x 30 = Rp. 7.800.000,-
Keuntungan bersih per bulan =
(Rp.260.000.000 – Rp. 95.000) x 30 = Rp 4.950.000,-
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Kesimpulan bahwa agar produk yang kita pasarkan dapat
diterima oleh semua kalangan, baik dalam negeri maupun luar negeri maka kita
harus :
·
Membuat produk yang bermanfaat, berkualitas dan laku
dijual dengan harga bersaing.
·
Membuat desain yang baru dan harga terjangkau;
·
Membuat produk lebih cepat dan lebih murah;
·
Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang
menguntungkan.
5.2 PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis ini saya
buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tidak lupa saya mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan
Hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan proposal bisnis saya. Dan tidak lupa pula
saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam
pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima
oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal saya dalam memulai
usaha martabak manis ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, saya berharap
dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah saya rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang
membangun sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahwa
proposal saya masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga
saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi saya semua untuk dapat menjadi
lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya saya
mengucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar